Tahun lalu, setelah kematian mendadak mangaka Berserk, Kentaro Miura pada usia 54 tahun, nasib serial ini belum diputuskan. Para fans bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi pada seri manga favorit mereka, dan apakah mereka dapat melihat akhir dari salah satu seri manga paling populer.

Seri manga Berserk akan kembali dengan chapter baru pada 24 Juni. Pertama, manga akan memiliki enam chapter untuk mengakhiri “Fantasia Arc” yang sedang berlangsung, dan setelah itu sebuah arc baru akan dimulai. Di masa depan, manga akan memiliki kredit berikut: “Karya asli oleh Kentarou Miura, manga oleh Studio Gaga, diawasi oleh Kouji Mori.”

Studio Gaga milik Miura adalah studio tempat dia bekerja dengan asisten dan muridnya, di manga Berserk. Supervisor baru, Mori adalah teman dekat masa kecil Miura, yang sering berkonsultasi dengan Miura untuk detail plot tentang Berserk. Mori menyatakan dalam pernyataan bahwa dia “tahu cerita Berserk sampai akhir.” Mori menggambar manga one-shot di Young Animal tahun lalu yang menceritakan kisah persahabatan seumur hidup dan hubungan kreatifnya dengan Miura.

Dalam pernyataan panjang yang dirilis oleh Mori, dia menunjukkan bahwa dia telah membahas akhir Berserk dengan Miura sejak acara ikonik “Eclipse” manga 30 tahun yang lalu. Setelah Miura meninggal, dia berpikir untuk mendiskusikan akhir cerita melalui wawancara, atau melalui beberapa ilustrasi dengan artikel yang menyertainya, tetapi menganggap metode ini tidak cukup. Dia menyambut tawaran Studio Gaga untuk melanjutkan manga, dan berjanji untuk “mengingat detail sebanyak mungkin dan menceritakan kisahnya,” meyakinkan pembaca bahwa meskipun ceritanya tidak sempurna, dia pikir dia “hampir bisa menceritakan kisah yang diinginkan Miura. memberi tahu.”

Pernyataan lengkap Mori adalah sebagai berikut:

Hampir 30 tahun yang lalu, Miura menelepon ku dan berkata, “Aku perlu berbicara dengan mu tentang menggambar draft.” Aku pergi ke tempat kerjanya hanya untuk mengobrol seperti biasa, tapi Miura terlihat lebih serius dari biasanya. “Aku perlu menggambar Eclipse,” katanya. Aku merasa itu akan menjadi kerja keras, tetapi tidak dapat mempercayainya ketika aku terjebak di dalam ruangan selama seminggu … Pada saat itu, alur cerita untuk Berserk selesai, sampai bab terakhir.
Anehnya, cerita Berserk berjalan persis seperti yang kita bahas saat itu, hampir tidak ada perubahan. Aku terus sering berbicara dengan Miura, setiap kali ada episode besar. Kami melakukannya sejak kami masih mahasiswa, saling berkonsultasi saat mengerjakan manga.

Aku pikir orang-orang dengan intuisi yang baik akan menyadari sekarang bahwa aku tahu cerita Berserk sampai akhir. Namun, aku tidak dapat mengatakan bahwa aku dapat menggambarnya karena aku mengetahuinya. Itu karena hanya Kentaro Miura yang jenius yang bisa menulis mahakarya seperti Berserk.

Namun, tanggung jawab besar telah jatuh padaku.

Saat dia masih hidup, Miura berkata, “Aku belum memberi tahu siapa pun selain kamu, Mori, tentang cerita ini secara keseluruhan.” Dan itu adalah kebenarannya. Tanggung jawabnya terlalu besar. Aku berpikir, haruskah aku membicarakannya dengan penggemar melalui wawancara? Atau haruskah aku menerbitkan artikel dengan beberapa ilustrasi? Tapi itu tidak akan menyampaikan adegan yang dijelaskan Miura kepadaku, atau garis Nyali dan Griffith…

Tepat ketika aku mencoba memutuskan apa yang harus dilakukan, aku menerima pesan.

“Staf mengatakan mereka akan menyelesaikan bab terakhir yang tertinggal, jadi bisakah kamu melihatnya?”

Beberapa halaman terakhir dari bab ini tidak lengkap. Beberapa bahkan tidak memiliki karakter yang digambar pada mereka.

Aku melihat naskah itu, tanpa berharap banyak.

Keputusasaan dapat mendorong orang untuk menciptakan keajaiban — Itu dia, naskah lengkap untuk Berserk.

“Tn. Mori, maukah kamu membiarkan kami melakukannya?”

Murid Miura, yang sangat dibanggakan Miura saat dia masih hidup, bertanya langsung padaku.

Direktur Perusahaan Shimada, mentor aku dan Miura, juga berkata, “Jika Anda melakukannya, perusahaan akan memberikan dukungan penuh kami.”

Aku pikir, jika aku melarikan diri sekarang, Miura akan berkata:

“Aku sering membicarakannya denganmu, tapi kamu tidak melakukannya !!”

Baik. Aku akan melakukannya dengan benar.

Aku punya pesan dan janji untuk semua orang. Aku akan mengingat detailnya sebanyak mungkin dan menceritakan kisahnya.

Juga, aku hanya akan menulis episode yang Miura bicarakan dengan aku. Aku tidak akan menyempurnakannya. Aku tidak akan menulis episode yang aku tidak ingat dengan jelas. Aku hanya akan menulis baris dan cerita yang dijelaskan Miura kepada aku. Tentu tidak akan sempurna. Tetap saja, kurasa aku hampir bisa menceritakan kisah yang ingin Miura ceritakan.

Bakat yang dimiliki murid Miura adalah nyata!

Mereka adalah seniman yang brilian.

Banyak dari kalian mungkin tidak sepenuhnya puas dengan Berserk yang ditulis tanpa Miura, tetapi kami berharap pemikiran semua orang akan bersama kami.
Baik Mori dan departemen penyuntingan Hewan Muda berjanji untuk tidak “menyimpang dari kata-kata Tuan Miura sendiri.”

Share:

You cannot copy content of this page