Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya – Halo tukang kebun, apa kabar? Semoga sehat selalu.. Jika saya sering membahas tentang tanaman sayuran dan bunga, pada postingan kali ini saya akan menceritakan tentang tanaman hias. Ya, saya juga menyukai tanaman hias dan sempat mengoleksi beberapa sebelum saya pindah ke Melbourne. Salah satu tanaman favorit saya adalah calathea dan kali ini saya akan membahas cara merawat calathea.

Ada banyak jenis calathea dan harga pasarnya bervariasi. Dari harga hanya ribuan (kurang dari Rp 10.000,-) hingga jutaan rupiah. Ada beberapa jenis yang harganya sesuai dengan jumlah halamannya. Seperti calathea orbifolia, rotundifolia, fasciata, marion, medallion, libbyana, flamestar (saya tidak punya dua yang terakhir), dll. Harga Calathea hybrid sangat bagus, bisa jutaan untuk setiap daunnya. Wow banyak!

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Petani lokal dan asing terus memperkenalkan varietas calathea baru. Salah satu gembala lokal yang terkenal adalah Pak Greg Hambali. Jika Anda belum pernah mendengar namanya, buka google dan baca tentang kreativitasnya. Indonesia sangat bangga memilikinya, tuan yang hebat!

Jenis Tanaman Hias Calathea Yang Mudah Diperbanyak, Perawatan Propagasi Tidak Rewel

Kembali ke cara merawat calathea, tanaman ini sebenarnya adalah tanaman tropis Amerika. Tapi sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia. Untungnya, kita juga tinggal di daerah tropis, jadi kita bisa dengan mudah mengurus Calathea. Pada umumnya Calathea menyukai kondisi tumbuh yang teduh, terang, terkena sinar matahari tidak langsung dan sirkulasi udara yang baik. Jika daun calathea terkena sinar matahari yang panas, mereka sering mengering di tepinya.

Untuk media tanam, gunakan media yang mampu menahan kelembapan, namun tidak gembur dan selalu tipis. Saya biasanya menggunakan jerami yang dicampur dengan cocopeat dan sedikit tanah. Tanah dapat diganti dengan pupuk kandang atau kompos. Kulit kayu berfungsi untuk menjamin ruang udara di tengah, minyak kelapa mempertahankan kelembaban dan tanah atau pupuk kandang sebagai sumber nutrisi. Perhatikan pilihan pot. Lubang drainase harus cukup, jangan menggunakan pot tanpa lubang.

Penyiraman dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi cuaca di setiap rumah. Jika panas, bisa disiram setiap hari. Perhatikan tingkat kelembapan media, jika masih basah tidak perlu disiram. Tunggu hingga kering sebelum menyiram lagi. Daun calathea yang kekurangan air menggulung dan layu.

Beberapa masalah paling umum yang terjadi saat merawat calathea adalah busuk akar, jamur dan kutu. Busuk akar karena media yang terlalu lemah karena terlalu banyak air untuk mengenai akar. Kelembaban tinggi dan suhu tinggi adalah kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur perusak akar. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik kadar air media!

Tanaman Hias Yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari

Padahal, jika tanaman calathea Anda sudah mulai membusuk, sebaiknya segera dicabut dari areal tanam. Pelan-pelan tentunya agar tidak merusak atau merusak tali. Buang atau kupas batang dan akar yang busuk. Semprot dengan herbisida khusus dan vitamin B1. Kemudian pindahkan ke area tanam baru.

Selain akar, jamur terkadang juga menyerang daun. Jika ini terjadi, segera pindah ke area yang berventilasi baik dan semprot dengan fungisida. Jika infeksinya parah, singkirkan daun yang terinfeksi untuk menghindari menginfeksi daun lainnya. Begitu pula jika daun calathea terserang kutu. Buang daun yang terinfeksi dan oleskan insektisida. Ada banyak pestisida dan fungisida di pasaran. Namun untuk amannya, gunakan insektisida seperti minyak nimba atau insektisida buatan sendiri.

Daun calathea yang berbentuk indah ini akan semakin bersinar saat bersinar dan bersinar, yaitu dengan menggosok daunnya dengan glitter. Produk yang umum di pasaran adalah merek “KILAP”, yang menjamin kilau daun dan mengurangi debu yang menempel. Namun jika ingin menggunakan yang alami, Anda bisa menyeka daunnya dengan susu UHT. Saya tidak tahu efek jangka panjang dari penggunaan rutin keduanya karena saya dirawat di rumah sakit hanya satu tahun.

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Perbanyakan calathea biasanya dilakukan dengan membagi batang atas. Meski pertumbuhannya lambat, Calathea akan menghasilkan anakan dari akarnya, seperti pohon pisang. Untuk memisahkan rimpang, tunggu sampai rimpang sedikit berakar lalu pisahkan secara perlahan.

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Setelah membahas cara merawat calathea, kini saatnya menampilkan koleksi calathea saya terlebih dahulu. Tidak banyak teman, dan tidak mahal atau istimewa. Bagi saya, penting untuk merawatnya dengan baik agar tanaman dapat hidup dengan baik. Maka tanaman akan menjadi indah dan enak untuk dilihat. Mengoleksi tanaman hias merupakan kesenangan yang sangat pribadi bagi saya. Salah satu tanaman yang disukai orang, mungkin saya tidak. Calathea gak ada yang jadi favorit aku, belinya di jalan hihihiiii… Aku juga suka namanya, gayanya gak masalah, yang penting happy <3

Ya, saya menemukan nama ini secara online, semoga tidak apa-apa. Jika ada kesalahan penamaan karena banyak jenisnya, silahkan tulis di kolom komentar… 😊

Varietas C. Roseopicta yang paling populer dan mudah didapat adalah Calathea Roseopicta ‘Manoa Blush’ atau disebut juga Calathea Roseopicta ‘Silver Plate’. Seperti namanya, calathea ini memiliki daun yang lebar dan berwarna perak dengan urat daun berwarna merah.

Varietas lain dari Calathea Roseopicta adalah C. Roseopicta ‘Medallion’. Setahu saya, kebanyakan dealer saat itu mengimpor. Namun kini sepertinya sudah banyak seller yang bisa menyebar. Bentuk daun C. R. ‘Medallion’ seperti C. Roseopicta umumnya bulat dan pipih. Harganya sangat tinggi dan tidak dijual di toko tanaman.

Jenis Tanaman Calathea. Lengkap Dengan Cara Menanam & Merawat Calathea Di Rumah!

Saudara dari C.R. ‘Medali’ oleh C.R. ‘Marion’. Bentuk daunnya hampir sama, tetapi jika kita perhatikan lebih dekat, warna perak pada sisi daunnya lebih tebal. C.R. ‘Marion’ juga sangat mahal. Namun, dibandingkan dengan trio orbi-fasci-rotun, jenis ini lebih mudah dirawat.

Tipe lainC. Roseopicta lain yang saya miliki adalah Calathea Roseopicta ‘Angela’. Ini adalah varietas yang sangat indah dengan daun berwarna-warni di tengah dan dikelilingi oleh cincin perak di sekitar tepi daun. Calathea R. ‘Angela’ juga sangat berharga, meski tidak semahal C.R. ‘Medali’ dan C.R. ‘Marion’.

Varietas kedua adalah Calathea Louisae ‘Thai Beauty’. Bentuk daunnya mirip dengan c. Freddie, tapi gayanya sangat berbeda. Daun C.L. ‘Thai Beauty’ berwarna kuning bercampur hijau. Teman yang sangat baik. Ini mirip dengan versi kuning Calathea White Fusion.

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Nah teman-teman, inilah tips merawat calathea dan spesies lainnya yang pernah saya tanam. Tanaman hias memang menggoda dan menyenangkan, tapi kita harus disiplin ya teman-teman. Jangan dibutakan oleh kesenangan untuk melepaskan komitmen Anda. Misalnya untuk mengeluarkan uang jangan sampai tiba-tiba hilang dari tanaman hehehe. Karena bentuk daunnya yang meliuk-liuk seperti tangan berdoa. Saat Anda memperhatikannya, Anda perlu memperhatikan media tanam calathea.

Jenis Tanaman Hias Calathea Yang Sulit Diperbanyak, Perawatan Propagasi Ribet Dan Daun Mudah Robek

Tanaman calathea yang tumbuh sehat akan memiliki dedaunan yang lebat. Tanaman ini dipercaya dapat memberikan manfaat untuk perumahan. Jenis dan harga calathea biasanya bervariasi mulai dari Rp. 13.000 Rp. 75.000

Disclaimer!!
Always Support the Artists by buying comics or reading Manhwa/Manhua/Manga on the official website.
liputan13.com only provides official links to watch or read, we strongly support intellectual property. We are only reviewing this article for entertainment. If you want this article removed, please contact us at liputan13@gmail.com.

Calathea Ornata atau dikenal dengan Pinstripe. Tanaman ini dibedakan dari daunnya yang memiliki garis-garis merah muda yang indah dengan warna daun yang gelap.

Tanaman ini dikenal karena perawatannya yang menuntut atau selektif. Merawat tanaman ini membutuhkan perjuangan lagi. Namun jangan khawatir, pada artikel selanjutnya kami akan memberikan tips merawat calathea agar calathea tetap sehat.

Tanaman ini berasal dari Brazil dan memiliki bentuk daun yang indah. Mokoyana sangat cocok dijadikan sebagai penghias ruangan di sudut rumah Anda karena memiliki daun yang indah.

Jenis Tanaman Hias Daun Putih, Indah Dan Perawatan Mudah

Makoyana juga dikenal sebagai tanaman Merak atau di Indonesia sendiri dikenal dengan nama Calathea Merak. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 2 meter di habitat aslinya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga akan tumbuh dengan baik di lingkungan Anda jika Anda merawatnya dengan baik.

Dibandingkan dengan pohon pisang, tanaman ini memiliki daun yang lebar dan pendek serta berwarna hijau cerah.

Lutea dapat tumbuh hingga 3 meter dengan perawatan yang baik dan benar. Anda akan sering menemukan tanaman ini ditanam di luar ruangan sebagai hiasan taman. Tidak seperti jenis calathea lainnya, lutea lebih tahan terhadap sinar matahari.

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Calathea Picturata ‘Crimson’ adalah tanaman yang indah dengan daun yang berwarna merah muda tua di tengah dengan tepi hijau-hitam tua.

Cara Membuat Tanaman Hias Calathea Tumbuh Subur Tanpa Pupuk

Tanaman hias dikenal karena khasiatnya sebagai pembersih udara. Untuk menjaga tanaman ini tetap sehat, Anda dapat memotong daun tua atau coklat.

Ini adalah tanaman berdaun hias dari keluarga Marantaceae. Tanaman ini memiliki warna daun yang unik yang berbeda dengan tanaman hias lainnya.

Daun Tanaman ini memiliki warna perak pada bagian daun dan ungu pada bagian bawah daun. Bentuk daunnya lebar dan memiliki batang yang pendek. Piring Perak juga memiliki bunga merah muda kecil.

Jika perawatan tanaman ini salah, daunnya akan terlihat bengkok atau bengkok. Ini biasanya merupakan tanda bahwa tanaman Anda tidak mendapatkan cukup air. Oleh karena itu, pastikan untuk minum cukup air.

Calathea Triostar, Stromanthe Sanguinea Triostar

Bagi Anda yang menyukai tanaman berwarna gelap, tanaman ini cocok untuk Anda. Lipstik hitam ditandai dengan daun ungu tua mendekati hitam dengan garis merah muda.

Batang tanaman ini pendek dan memiliki daun yang lebar, sehingga sangat indah, apalagi jika tanaman ini berwarna hijau dan Anda sajikan di atas meja.

Tanaman ini menyukai kelembaban yang tinggi, sehingga area tanam juga berada di area yang lembab. Tingkat kelembaban ideal di atas 50% untuk semua spesies.

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Isi pot itu sendiri mungkin memiliki beberapa komponen. Anda dapat mengisinya dengan 10% perlit, 20% arang, 20% kulit anggrek dan 50% tanah. Tanah harus lembab.

Tanaman Calathea 5 Jenis

Jika Anda tinggal di daerah kering, gunakan pot plastik. Buat lubang di bagian bawah untuk membuat drainase agar air bisa keluar. Jika lingkungan Anda cenderung lembab, gunakan saja pot terakota.

Adalah baik untuk memeriksa ketinggian air. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan jari Anda ke dalam mode seeding. Saat terasa kering

Media tanam calathea crimson, media tanam calathea ornata, media tanam untuk calathea, media tanam calathea orbifolia, media tanam calathea black lipstick, jenis media tanam anggrek, jenis media tanam, media tanam calathea, campuran media tanam calathea, cara membuat media tanam calathea, media tanam terbaik untuk calathea, media tanam bunga calathea

Share:

You cannot copy content of this page