Pendidikan adalah kunci sukses dalam bidang apapun bagi siapapun. Banyak orang tua membiayai pendidikan anaknya dengan membiayai sekolah anaknya. Orang tua lain memilih untuk mendanai pendidikan anak-anak mereka melalui kombinasi pekerjaan, hibah, dan pinjaman. Orang tua dapat memutuskan bagaimana mereka ingin mendanai pendidikan anak-anak mereka, tergantung pada situasi keuangan mereka dan tingkat keterlibatan yang mereka inginkan dengan sekolah anak-anak mereka.

Kebanyakan orang tua membayar pendidikan anak-anak mereka dengan membayar uang sekolah bulanan atau membeli buku pelajaran dan perlengkapan sekolah lainnya. Beberapa orang tua mungkin membayar lump sum pada awal tahun akademik agar anak mereka mempublikasikan seluruh kursus dalam sekali duduk. Orang tua biasanya membayar pendidikan anak-anak mereka karena mereka ingin mereka berhasil dalam hidup dan mendapatkan pekerjaan yang ideal jika mereka menerima pendidikan yang baik. Banyak pemberi kerja juga memerlukan gelar sebelum mempekerjakan seseorang yang baru atau mempromosikan seseorang dalam jajaran perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memiliki alasan yang kuat untuk membiayai pendidikan anaknya karena hal ini dapat berdampak pada anak dan keluarga

Pendidikan anak merupakan salah satu kebutuhan penting yang membutuhkan biaya besar. Biaya pendidikan bahkan meningkat setiap tahun karena dipengaruhi oleh inflasi. Hal ini membuat Anda harus lebih siap untuk membiayai pendidikan anak Anda sejak jauh-jauh hari.

Ada beberapa strategi penghematan yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak Anda. Strategi ini meliputi:

Tabungan Konvensional

Masyarakat dengan gaya hidup konvensional biasanya memilih tabungan konvensional untuk mempersiapkan biaya pendidikan anaknya. Tabungan konvensional lebih unggul karena dapat digunakan kapan saja untuk kebutuhan mendesak. Sayangnya, suku bunga tabungan konvensional sangat kecil dan tidak bisa mengimbangi laju inflasi.

Tabungan Pendidikan

Hampir semua bank menyediakan produk tabungan pendidikan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jika bank yang bersangkutan bangkrut, tabungan pendidikan tersebut aman dan dapat ditarik oleh nasabah. Pada dasarnya, tabungan pendidikan adalah tabungan berjangka yang mengharuskan Anda melakukan setoran bulanan secara rutin minimal dua tahun.

asuransi pendidikan

Produk asuransi pendidikan merupakan gabungan dari tabungan pendidikan dan asuransi jiwa berjangka. Perusahaan asuransi akan membayar biaya pendidikan pada saat anak akan menempuh jenjang pendidikan tertentu (SD, SMP, SMA, perguruan tinggi). Jika orang tua meninggal dunia, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pendidikan anak sesuai dengan kesepakatan pada polis asuransi.

Menyetorkan

Berbeda dengan tabungan konvensional, bunga deposito biasanya lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 6% per tahun. Namun, ada jangka waktu tertentu yang membuat deposito tidak bisa ditarik secara sembarangan. Anda harus memperkirakan jangka waktu setoran dengan cermat agar tidak dikenakan biaya penalti selama pencairan.

Investasi Reksa Dana

Jika Anda memilih untuk berinvestasi di reksa dana, uang yang Anda setorkan akan dikelola oleh manajer investasi di pasar modal. Meski keuntungannya lebih kecil dari saham, investasi reksa dana masih relatif rendah risikonya. Manfaat dari jenis investasi ini dapat mengimbangi laju inflasi sehingga biaya pendidikan anak dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Investasi Emas

Jika tidak ingin berinvestasi dengan sistem yang rumit, Anda bisa mencoba berinvestasi emas. Harga emas cenderung naik setiap tahunnya sehingga tetap menjadi favorit kebanyakan orang. Anda bebas memilih investasi emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia sesuai dengan kondisi dan kebutuhan finansial Anda.

Jadi, jenis investasi mana yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda?

Mari manfaatkan instrumen investasi yang tepat untuk mengamankan biaya pendidikan anak Anda.

Disclaimer!!
Always Support the Artists by buying comics or reading Manhwa/Manhua/Manga on the official website.
liputan13.com only provides official links to watch or read, we strongly support intellectual property. We are only reviewing this article for entertainment. If you want this article removed, please contact us at liputan13@gmail.com.

Share:

You cannot copy content of this page